#Kems : Batee Beukah, Spot Cantik Dibalik Pantai Yang Indah – Sampoiniet, Aceh Jaya, Indonesia

Aceh Jaya, sebuah kabupaten yang memiliki banyak pesona dan destinasi wisata yang bisa kita kunjungi, walaupun ada beberapa lokasi wisata yang saat ini sudah tidak bisa lagi kita kunjungi. Salah satunya pantai Pasie Saka yang terletak di KM 117 Desa Jeumpheuk kecamatan Sampoiniet. Karena ada insiden dibeberapa tahun lalu yang terjadi disini. Sehingga akses untuk umum sudah di tutup pengelolaannya.

 

Dulu saat masih bisa di kunjungi, ada satu sisi yang berada di balik bukit yang berdekatan dengan spot ini. Nama pantai ini disebut-sebut dengan Batee Beukah. Tidak terlalu jauh dari spot pasie saka tadi. Namun ada sebuah batas kampung saat kita hendak mengunjunginya. Ranger yang pada saat itu menghandle kami juga telah memberi tahu bahwa untuk kesana tidak bisa langsung pergi. Namun tetap saja kami ingin melihat langsung lokasi ini.

Seorang teman yang pada saat itu ikut juga trip ini, sudah pernah mengunjungi lokasi tersebut dan mengetahui arah lokasi untuk menuju ke spot Batee Beukah tersebut. Setelah selesai makan siang, kami langsung bergerak menuju lokasi tersebut, tapi dari kejauhan seorang ranger memanggil bahwa kami tidak bisa kesana. Berkat negosiasi kecil, akhirnya mereka pun mau membawa kami kesana tapi dengan syarat hanya sebentar saja. Kami mengiyakan saja arahan dari ranger tersebut.

Tak berapa lama berselang, kami melanjutkan perjalanan tersebut sampai ke lokasi wisata tersebut. Terkejutnya kami, ternyata ada sebuah spot juga yang sangat cantik yang berada dengan pasie saka ini. Trip tersebut merupakan kali kedua saya mengunjungi lokasi ini, yang sebelumnya hanya sampai pada spot pasie saka saja dan tidak mengeksplore ke posisi yang lain dan ternyata ada sebuah spot lagi yang sangat cantik yang berada dekat dengan lokasi awal kami kunjungi.

 

Spot ini mengarah langsung ke arah jalanan besar yang ada di depannya, walau sedikit agak jauh kita bisa melihat ke arah jalan raya yang berada di seberang lokasi tersebut. Batee Beukah ini punya tampilan yang sangat cantik dan sesuai namanya, ada sebuah bukit yang terbelah pas didepan turunan bukit yang kami lewati tadi. Dengar dari cerita yang ada, lokasi ini terbentuk setelah kejadian Tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 silam sehingga menyisakan pecahan bukit yang terbelah dan diberinama Batee Beukah.

Karena waktu yang terlalu singkat, kami tidak bisa berlama-lama disini dan harus segera kembali ke spot utama di awal yang kami datangi dan kemudian harus kembali lagi ke kediaman masing-masing pada sore harinya.

Semoga dilain kesempatan lokasi ini dibuka kembali untuk umum dan bisa dikunjungi lagi.

Regards,

@kemal13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *