#Kems : Teluk Jantang, Lhoong | Salah Satu Destinasi Terbaik di Aceh Besar

Aceh Besar memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi, disamping ada peraturan dari desa setempat mengenai lokasi wisata tersebut. Beberapa lokasi wisata di Aceh Besar ada yang bisa di masuki secara umum ada juga yang memang harus memiliki izin dari pihak aparatur kampung. Mengingat di Aceh juga diberlakukan Syariat Islam, jadi untuk para pengunjung perempuan ada peraturan yang agak terbatas, sehingga bagi para wanita ada sebagian destinasi yang tidak bisa di kunjungi.

Lokasi wisata yang satu ini sudah bisa dikunjungi oleh kalangan bebas, siapa saja bisa mengunjunginya. Jarak yang kita tempuh dari Banda Aceh juga tidak terlalu jauh. Bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Lokasi parkir yang berada di sini juga sangat luas, jaraknya dari jalan negara juga tidak jauh, namun kita harus memasuki sebuah lorong yang langsung membawa kita ke pinggiran pantainya. Bertempat di Lhong, Aceh Besar dan memiliki sebuah teluk yang sangat cantik sehingga diberinama Teluk Jantang”. Spot ini sudah banyak diketahui oleh orang yang sering melakukan beberapa trip di Aceh Besar khusunya.


Trip


Tak tinggal diam, saya dan beberapa teman yang suka melakukan trip di akhir pekan akhirnya membuat agenda untuk tujuan ini. Pagi itu, satu persatu berkumpul disebuah kedai kopi yang sering kami jadikan lokasi titik kumpul. Setelah menunggu beberapa saat dan semua telah sedia, kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi tersebut.

Di sepanjang perjalanan dari dan menuju ke lokasi, kita tidak akan pernah bosan untuk dapat menikmati keindahan alam disepanjang perjalanan. Aceh Besar memiliki banyak potensi wisata yang dapat di kembangkan. Selain wisata pantai, kita juga dapat menikmati keindahan alam yang lainnya. Namun hampir semua pelancong pasti mengunjungi spot-spot pantai yang ada disini.


Singkat Cerita . . .


Tak berlangsung lama setelah melewati dua buah gunung yang terkenal di Aceh Besar (Gn. Paro & Gn. Kulu), kami sampai di sebuah kedai makan yang juga sudah sangat terkenal dan mempunyai nama RM. Kaki Kulu. Rumah makan ini menyediakan makanan khas Aceh seperti gulai pliek yang dicampur dengan siput-siputan air tawar. Chu, begitu nama siput yang disebutkan dalam bahasa Aceh. Siput ini memiliki cangkang yang panjang dan berwarna hitam. Namun, begitu dicampurkan dengan gulai tersebut menambah rasa khas yang sangat lezat dan nikmat untuk disantap. Kami singgah di rumah makan tersebut untuk membeli bekal makan siang nantinya saat sampai di lokasi. Beberapa dari teman yang lain juga memesan lauk yang lainnya.

 

Setelah perbekalan selesai, kami melanjutkan perjalanan yang singkat itu. Dari rumah makan menuju ke lokasi hanya perlu memakan waktu sekitar setengah jam saja, karena memang tidak terlalu jauh lagi untuk sampai dispot.

Mulailah kami memasuki sebuah lorong yang hanya muat sebuah mobil dan sepeda motor tersebut. Hanya mengikuti lorong itu kita akan sampai ke destinasi yang kita tuju. Dengan memiliki garis pantai yang sangat luas, kami berbelok ke kiri pantai untuk menuju ke lokasi parkir yang telah disediakan. Disana sudah ada yang menjaga kendaraan yang kita bawa dan dengan membayar retribusi parkir yang telah ditetapkan disana.

Namun, teluk ini berada di sebelah bukit yang ada disini. Kita harus melakukan treking untuk menaiki bukit tersebut agar sampai ke destinasi yang kita tuju. Tidak terlalu tinggi dan jauh, kita akan sampai ke sebuah ilalang yang luas dan sangat cantik. Spot ini juga biasanya digunakan oleh para pemancing dan memiliki terumbu karang yang bagus. Beberapa view untuk mengambil foto pun bisa kita lakukan disini. Bebatuan yang ada di sekitar juga bisa menjadi nilai tambahan untuk pengambilan beberapa foto. Setengah harian kami berada disana dan menikmati keindahan pantai yang ada di teluk jantang ini. Karena jarak yang tidak jauh, kita bisa mengunjungi lokasi ini dengan sesering mungkin.


Team


  • @kakilasak
  • @kemal13
  • @bewe
  • @yasier.mogerz
  • @imamsuryasaputra
  • @aryastark
  • @cutthara
  • @idesyofianda
  • @orcheva
  • @parwisnst


Video of Teluk Jantang, Lhong, Aceh Besar


Regards,

@kemal13

55 Replies to “#Kems : Teluk Jantang, Lhoong | Salah Satu Destinasi Terbaik di Aceh Besar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *